Jumat, 01 Februari 2013

Serba-Serbi JKT48

JKT48 "Idol Group" Yang Semakin Dikenal

 
Sister group AKB48, JKT48, mulai memperlihatkan kekuatan pesonanya. "Idol group" beranggota 24 perempuan muda dan berbakat tersebut semakin dikenal. Idola yang bisa ditemui setiap hari. Itulah konsep terbentuknya AKB48, idol group terbesar di Jepang. Di negaranya, mereka memiliki gedung teater sendiri. Di waktu
tertentu, secara rutin, mereka tampil di gedung teater tersebut. Karena itu, penggemar bisa melihat secara langsung AKB48.


Begitu juga dengan konsep JKT48 (sister group pertama AKB48 yang berasal dari luar Jepang). JKT48 kini mulai menjalani teater regular. Mereka sudah dua kali menggelar teater live. Karena belum memiliki gedung teater sendiri, JKT48 pun menggelarnya di dua tempat berbeda. Yang pertama (17/5) di Gedung Nyi Ageng Serang, Kuningan, dan kedua (14/6) di Pasaraya Blok M. 


Di Jepang banyak hal yang bisa mereka lakukan dari teater tersebut, terutama dengan penggemar. Salah satunya, acara jabat tangan atau bertemu oshimen (member yang paling didukung) di booth merchandise. Teater menjadi faktor penting bagi keberlangsungan keluarga 48. Sebab, bagi sebagian penggemar, penampilan di stage lebih penting daripada single atau album.

Di teater live, member bernyanyi dan menari dua jam. Di situ penggemar bisa terus memantau perkembangan oshimen-nya dari dekat. Fans pun mafhum. Meski belum memiliki album, JKT48 sudah berani mengadakan teater. Semua lagu yang mereka bawakan dinamakan set list. Dan set list tersebut ada judulnya. JKT48 memilih set list Pajama Drive. 

"Kami memilih set list Pajama Drive di teater pertama," ujar anggota JKT48 Melody Nurramdhani Laksmi. Enam belas lagu yang dibawakan bisa disebut sebagai cermin perjalanan mereka sejak berdiri pada 11 September 2011.  Tenaga ekstra memang harus disiapkan saat tampil di teater. Setelah perform dua jam, ada sesi handshake juga. Meski menguras tenaga, mereka senang karena bisa berinteraksi langsung dengan penggemar. Kedekatan dengan penggemar membuat 24 gadis itu tidak canggung meski pendukungnya kebanyakan lelaki. 

Kaum Adam memang mayoritas penggemar meski ada perempuan juga. Sebab, tingkah laku para fans itu lucu-lucu. "Mereka tidak pernah merepotkan. Kami menghargai semua penggemar," imbuh Melody. Dia lantas mencontohkan pendukung Cindy Gulla yang pernah memberi kado berisi gula seperti bunyi namanya. Lalu, Stella Cornellia baru-baru ini dikasih stetoskop dan alat pengukur tensi. Saat member lulus sekolah, ada kiriman karangan bunga dan kartu ucapan.

Sibuk teater, bukan berarti JKT48 melupakan proyek membuat album. Sembilan bulan sejak berdirinya JKT48, fans sudah "diracuni" dengan berbagai hal yang berbau idol grup tersebut. Mulai iklan, klip lagu Heavy Rotation, off air dan on air performance, hingga yang terbaru teater ini.Wakil manajemen Rinintha Pradiza meminta kepada para penggemar untuk sabar dulu. Dia memastikan bahwa album atau single perdana nanti bakal segera meluncur dengan hasil yang memuaskan. "Kami sedang mengusahakan untuk segera memiliki album," ucapnya.

Lambannya kemunculan album juga bukan disebabkan kendala mengumpulkan materi. Kalau dihitung-hitung, sudah ada empat lagu yang versi leaked-nya keluar sebagai jingle iklan. Tiga di antaranya Aitakatta, Heavy Rotation, dan Karena Ku Suka Dirimu sudah jadi lagu andalan tiap perform. Jangan lupakan juga Ponytail to Shushu yang baru saja keluar untuk iklan produk pembersih wajah. Kalau ditambah 16 lagu yang sudah dibawakan saat teater, berarti bisa dikatakan materi album sudah cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Twitter Update

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified

Cari Blog Ini