Jumat, 08 Maret 2013

7 Tips Ngeblog di Tahun 2013

13571331711676575080
Ilustrasi (foto: activerain.com)

APAKAH Anda akan tetap ngeblog di tahun 2013? Semoga saja. 2013 merupakan tahun penuh misteri sekaligus harapan. Banyak hal yang bisa terjadi, dan tentu banyak hal yang bisa dituangkan menjadi tulisan.
Apa saja yang bisa dilakukan di tahun 2013? Ini beberapa tips ngeblog untuk Anda.
1. Eksplorasi hal baru
2013 merupakan tahun yang baru. Jadi, kenapa kita tak mencoba hal yang baru? Jika selama ini Anda lebih suka menulis olahraga, misalnya, kenapa tidak mencoba hal atau tema yang baru, hiburan misalnya? Jika selama ini lebih enjoy menulis non fiksi, kenapa tak mencoba fiksi, seperti membuat cerpen atau puisi?
Mencoba hal yang baru merupakan tantangan yang mengasyikan. Kalau kemudian Anda merasa tidak cocok dengan hal yang baru itu, ya tak apa. Santai saja.
2. Pastikan ada yang ingin disampaikan
Jika memutuskan menulis, sebelum memulai pastikan bahwa ada sesuatu yang ingin disampaikan. Ada pesan yang ingin diungkap kepada pembaca. Pesan itu bisa berupa pesan moral, pelajaran kehidupan, tips praktis, wacana, ide, informasi atau apa saja.
Dengan mengetahui apa pesan yang disampaikan akan memudahkan Anda mengurainya menjadi kata dan kalimat. Sebaliknya, tulisan tanpa pesan akan mengambang. Pembaca akan bingung dan dalam hati bisa bertanya: dia ini ngomong apaan seeh?
3. Prinsip Kis (atau Kiss)
Ada satu prinsip ngeblog yang bisa Anda terapkan di tahun 2013. Prinsip itu biasa disingkat KIS atau KISS. KIS singkatan dari Keep it Simple. Sementara KISS merupakan versi yang lebih ‘kurang ajar’, karena merupakan akronim dari Keep It Simple, Stupid.
Apapun itu,  KIS atau KISS pesannya sama. Dalam ngeblog, tetaplah menulis yang simpel. Yang sederhana. Tak usah memaksakan diri menulis yang rumit-rumit. Tulisan yang terlalu rumit bisa membuat pembaca bingung. Atau salah mengambil kesimpulan.
Dalam ngeblog, jika bisa dipermudah, tak perlu dipersulit.
Tentu saja, tulisan yang simpel bukan berarti tidak berkualitas. Tulisan yang simpel tetap harus berisi hal yang berguna bagi pembaca.
Jika kapan-kapan Anda terpaksa menulis topik yang rada rumit dana berat, sebaiknya pecah dalam beberapa seri tulisan. Tulisan berseri dengan topik yang unik akan membuat pembaca penasaran dan akan mengujungi lapak atau blog Anda secara berkala.
Sebisa mungkin pilihlah kata-kata yang mudah dipahami. Banyak blogger yang tergoda untuk menulis menggunakan kata-kata canggih, termasuk kata dalam bahasa asing. Itu tidak salah. Namun akan lebih bagus jika yang digunakan adalah kata yang mudah dipahami pembaca. Anda tak perlu memaksakan diri membuat pembaca terkesan dengan menggunakan berbagai kata canggih jika hal itu justru membuat kening pembaca berkerut karena tak paham
4. Perkuat mental
Begitu tulisan dipublikasi di dunia maya, akan ada ratusan, ribuan bahkan jutaan pasang mata yang membaca. Sebagian mungkin akan merasa setuju dengan yang Anda tuliskan. Sebagian pembaca mungkin tidak.
Sebagian pembaca yang tak sepakat dengan yang Anda paparkan mungkin akan secepatnya beralih ke lapak atau tulisan lain. Sebagian lagi, akan menggoreskan ‘kegalauan’ mereka dalam kolom komentar. Yang mereka tulis bisa sopan. Bisa tajam. Bisa mengerikan. Bahkan bisa berisi cacian.
Karena itu sangat penting bagi blogger (atau Kompasianer) untuk menguatkan mental. Dengan menyadari bahwa merupakan sesuatu yang mustahil untuk menyenangkan semua pembaca. Bahwa tetap saja, akan muncul resistensi dari beberapa pembaca. Dan dalam beberapa kasus, resistensi dari pembaca bisa sangat mengerikan.
Dengan menguatkan mental, kita tak akan menjadi panas jika membaca komentar yang ‘panas’. Dengan menguatkan mental, kita tak akan membalas cacian dengan makian. Jika tulisan Anda dimaki, tarik nafas panjang dan… tersenyumlah.
Jika merasa perlu membalas komentar, balaslah dengan bercanda. Atau, bisa juga dengan sindiran halus, hehehe…
Saya pernah menulis tentang sepakbola Tanah Air, dan salah satu pembaca memaki saya dengan kata ‘goblog’. Saya lalu membalas komentarnya dengan mengatakan, “Iya nih, aku goblog. gak seperti bung X yang cerdas, hehehe. Tulisanku juga payah, gak seperti tulisan2 bung X yang cerdas’. (Belakangan, setelah aku cek, ternyata si komentator belum pernah nulis. Rupanya akun itu memang dibuat hanya untuk memaki).
5. Optimalkan social media
Sampai sekarang masih ramai diperdebatkan apakah social media telah (atau akan) membunuh blog. Saya sendiri menilai social media bisa menjadi partner bagi blog. Jika digunakan secara tepat, social media bisa menjadi wahana yang ampuh untuk menyebar-luaskan tulisan.
Di Kompasiana, misalnya, tulisan yang telah dipublikasi bisa secara otomatis disebar-luaskan ke jejaring sosial terkemuka seperti Facebook, Twitter atau Google+.
6. Tetap menulis
Menulis, atau ngeblog, itu menyenangkan. Jadi tetaplah menulis. Tulis apa saja, di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja. Selain sebagai wahana untuk berbagi, menulis juga bisa menjadi media yang ampuh untuk menyalurkan berbagai kegalauan, kemarahan, mimpi dan juga hasrat.
Dan pada tahap tertentu, menulis bisa menjadi alternatif pemasukan tambahan. Menulis bisa mendatangkan uang.
7. Tetap baca Suka Ngeblog
Di tahun 2013 kayaknya akan lebih banyak tips ngeblog yang dibahas di lapak ini. Jadi jangan segan-segan untuk mampir. Anda akan melewatkan banyak tips yang bermanfaat jika Anda gak mampir di sini (halaah, hehehe)

sumber : http://media.kompasiana.com/new-media/2013/01/02/7-tips-ngeblog-di-tahun-2013-520937.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Twitter Update

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified

Cari Blog Ini