Sabtu, 09 Maret 2013

Tips Menghilangkan Virus Di Flashdisk Atau Eksternal Harddisk

Mungkin sobat semua sudah lama menunggu post saya mengenai Tips N Trick Komputer, Kalau iya . Saat ini saat post mengenai Tips Menghilangkan Virus Di Flashdisk Atau Eksternal Harddisk.
Dalam keseharian, seringkali kita menyimpan atau mengcopy file dari komputer ke dalam flashdisk atau harddisk eksternal, terkadang untuk backup atau sekedar memindahkan dokumen. Namun ketika hal tersebut dilakukan pada komputer yang sudah terinfeksi virus, maka secara otomatis flashdisk atau harddisk eksternal juga akan ikut terinfeksi, karena kita tahu salah satu hal yang dapat menyebarkan virus adalah pemindahan dokumen melalui removable storage, dalam hal ini adalah dua media tersebut.
Untuk itu akan coba dijelaskan disini bagaimana cara menghilangkan atau sekedar melihat apakah removable storage yang kita punya terinfeksi virus atau tidak. Untuk keperluan tersebut memang bisa dilakukan dengan cara scan removable melalui antivirus, selain itu kita juga bisa melakukannya melalui fasilitas command prompt yang ada di windows dan akan dijelaskan pada tulisan ini.
Langkah pertama, masukkan flashdisk/harddisk ekternal ke komputer atau notebook, dan jangan membukanya menggunakan double klik atau fasiltas windows lainnya.
klik run lalu ketik cmd dan ketikkan perintah (asumsi flashdisk ada di drive E) :
E:\ attrib -a -s -h -r /S /D
setelah selesai, lihat isinya menggunakan perintah dir , seperti terlihat pada gambar dibawah ini:




bisa anda lihat file yang diberi tanda panah merah, alice.alc ini adalah file yang berisi perintah merusak dokumen dan sistem operasi atau lebih kita kenal dengan virus, file dengan ekstensi .vbe adalah hasil duplikasi dari dokumen word, dan autorun,inf adalah perintah yang dibaca secara otomatis oleh komputer kita dan didalamnya sudah disisipkan virus.
Anda tinggal menghapusnya dengan perintah E:\ del alice.alc, demikian juga untuk file lain yang telah terinfeksi virus. Jika ada file-file lain yang mencurigakan dan bukan merupakan dokumen, anda juga bisa menghapusnya, biasanya file tersebut berekstensi .exe, .htm, .inf, .ly dan lain-lain.
Atau setelah melaukan perintah attrib diatas, anda juga bisa melihatnya menggunakan perintan explore, ingat pakai klik kanan lalu explore windows, jangan memakai double klik.
Akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini :


Terlihat file berekstensi .vbe yang merupakan duplikasi dari word dokumen, anda tinggal menghapusnya.
Selain cara tersebut diatas, bisa juga digunakan sistem operasi linux untuk membersihkan removable storage, cara ini sangat sederhana, tinggal masukkan flashdisk atau harddisk eksternal, lalu cari file-file dengan ekstensi seperti diatas dan anda tinggal menghapusnya.
Hufft Capek juga yah nulisnya, Demikian yang bisa bagikan kepada sobat. Sampai ketemu di post selanjutnya.


GOOD LUCK !!

sumber : http://fhirman-ilham.blogspot.com/2013/01/tips-menghilangkan-virus-di-flashdisk.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Twitter Update

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified

Cari Blog Ini