Jumat, 29 Maret 2013

Keutamaan Berdzikir

(ditulis oleh: Al-Ustadzah Ummu Ishaq Al-Atsariyyah)

Telah sama kita ketahui bahwa berzikir merupakan amalan yang mulia & bernilai tinggi di sisi Rabbul ‘Izzah. Dengan berzikir, seorang hamba akan beroleh banyak keutamaan. Untuk menghasung kita agar memperbanyak zikir, berikut ini akan disebutkan beberapa keutamaan berzikir:
1.Berzikir akan mengusir setan, menundukkannya, & membentengi diri darinya. Allah k berfirman:
“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari setan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya.” (Al-A’raf: 201)
Adapun orang yang enggan berzikir, Allah l nyatakan dlm firman-Nya:
“Siapa yang berpaling dari berzikir kepada Allah Yang Maha Penyayang, Kami adakan baginya setan yang menyesatkannya maka setan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.” (Az-Zukhruf: 36)
Al-Harits Al-Asy’ari z menyebutkan dari Nabi n bahwa beliau bersabda: “Sungguh Allah l memerintahkan lima perkara kepada Nabi Yahya bin Zakariyya q agar beliau mengamalkannya & menyuruh Bani Israil utk mengamalkannya pula. Namun hampir-hampir Yahya terlambat menyampaikannya kepada Bani Israil. Maka Nabi ‘Isa q berkata kepadanya, ‘Sungguh Allah l telah memerintahkan lima perkara kepadamu agar engkau mengamalkannya & menyuruh Bani Israil utk mengamalkannya pula. Namun sampai sekarang engkau belum menyampaikannya. Karenanya, engkau suruh mereka sekarang, atau aku yang akan menyuruh mereka!’ Yahya berkata, ‘Aku khawatir bila engkau mendahuluiku utk menyampaikannya, aku akan ditenggelamkan ke dlm bumi atau aku akan diazab.’ Yahya pun mengumpulkan orang-orang di Baitul Maqdis hingga masjid tersebut penuh. Mereka duduk di atas balkon. Yahya berkata, ‘Sungguh Allah l memerintahkan lima perkara kepadaku agar aku mengamalkannya & menyuruh kalian utk mengamalkannya pula…’.”
Yahya pun menyebutkan kelima perkara tersebut, yaitu tauhid, shalat, puasa, sedekah, & yang kelima, kata Yahya:
وَآمُرُكُمْ أَنْ تَذْكُرُوا اللهَ، فَإِنَّ مَثَلَ ذَلِكَ كَمَثَلِ رَجُلٍ خَرَجَ الْعَدُوُّ فِي أَثَرِهِ سِرَاعًا حَتَّى إِذَا أَتَى عَلَى حِصْنٍ حَصِيْنٍ فَأَحْرَزَ نَفْسَهُ مِنْهُمْ، كَذَلِكَ الْعَبْدُ لاَ يُحْرِزُ نَفْسَهُ مِنَ الشَّيْطَانِ إِلاَّ بِذِكْرِ اللهِ تَعَالَى…
Dan aku memerintahkan kalian utk berzikir kepada Allah karena permisalan orang yang berzikir seperti orang yang dikejar oleh musuh dgn cepat hingga ketika ia mendatangi sebuah benteng yang kokoh ia berlindung di dalamnya dari kejaran musuh. Demikian pula seorang hamba, ia tak dapat melindungi dirinya dari setan kecuali dgn berzikir kepada Allah l… (HR. Ahmad 4/202, At-Tirmidzi no. 2863, dishahihkan Al-Imam Al-Albani t dlm Shahihul Jami’ no. 1724)
Al-’Allamah Ibnul Qayyim t menyatakan bahwa hadits ini sangat agung kedudukannya, sehingga pantas bagi setiap muslim utk menghafalkan & memahaminya. (Al-Wabilush Shayyib, hal. 31)
Beliau t juga mengatakan, “Seandainya tak ada lagi keutamaan zikir selain satu keutamaan yang disebutkan dlm hadits ini, niscaya patut bagi seorang hamba utk tak berhenti lisannya dari zikrullah, & terus menerus menekuninya. Karena sungguh ia tak dapat melindungi dirinya dari musuhnya kecuali dgn zikir. Tidaklah musuh itu dapat masuk menyergapnya kecuali dari pintu kelalaian (lupa dari berzikir). Musuh itu selalu mengintainya. Bila ia lalai, musuh itu menyergap & menerkamnya. Bila ia berzikir kepada Allah l, mengerutlah musuh Allah l tersebut, menjadi kecil & patah sampai-sampai menjadi sekecil lalat. Karena itulah ia dinamakan Al-Waswasul Khannas. Maknanya, ia memberi was-was di dlm dada, namun bila si hamba berzikir kepada Allah l ia mengerut. Ibnu Abbas c berkata, “Setan itu mendekam di atas hati anak Adam. Bila si anak Adam lupa diri & lalai dari berzikir, setan memberikan was-was/bisikan-bisikan. Namun jika ia berzikir kepada Allah l, setan mengerut.” (Al-Wabilush Shayyib, hal. 72)

2. Berzikir akan memberikan kebahagiaan & ketenangan bagi hati seorang hamba, sebagaimana Allah l berfirman:
“Orang-orang yang beriman & menjadi tenang hati-hati mereka dgn berzikir kepada Allah, ketahuilah dgn berzikir kepada Allah hati akan tenang.” (Ar-Rad: 28)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah t berkata, “Permisalan zikir bagi hati adalah seperti air bagi ikan. Apa jadinya keadaan ikan yang berpisah dgn air?” (Al-Wabilush Shayyib, hal. 85)

3. Zikir adalah amalan yang ringan & mudah utk dilakukan, namun besar pahala & ganjarannya. Hal ini tampak dlm beberapa hadits berikut ini:
Abu Hurairah z berkata: Rasulullah n bersabda, “Siapa yang mengucapkan:
لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
dalam sehari sebanyak seratus kali, maka ganjaran baginya seperti membebaskan sepuluh budak, dicatat untuknya seratus kebaikan, dihapus darinya seratus kesalahan & ia mendapatkan perlindungan dari setan pada hari tersebut hingga sore hari. Tidak ada seorang pun yang melakukan amalan yang lebih afdhal darinya terkecuali bila ada orang yang mengamalkan lebih banyak dari apa yang diamalkannya.” (HR. Al-Bukhari no. 3293, 6403 & Muslim no. 6783)
Dalam hadits yang sama juga, Nabi n bersabda, “Siapa yang mengucapkan:
سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ
dalam sehari sebanyak seratus kali maka dihapus kesalahan-kesalahannya walaupun sebanyak buih di lautan.”
Dalam riwayat Muslim (no. 6784) disebutkan, “Siapa yang mengucapkan:
سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ
ketika pagi & petang sebanyak seratus kali, maka pada hari kiamat nanti tak ada seorangpun datang membawa amalan yang lebih afdhal darinya kecuali orang yang mengucapkan zikir yang sama dgn yang diucapkannya atau lebih dari yang diucapkannya.”
Masih dari Abu Hurairah z, beliau mengabarkan dari Nabi n:
كَلِمَتَانِ خَفِيْفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ، ثَقِيْلَتَانِ فِي الْمِيْزَانِ، حَبِيْبَتَانِ إِلَى الرَّحْمَنِ: سُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ، سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيْمِ
“Ada dua kalimat yang ringan diucapkan lisan tapi berat dlm timbangan & dicintai oleh Allah yang Maha Rahman, yaitu subhanallah wa bihamdihi & subhanallahil azhim.” (HR. Al-Bukhari no. 6406 & Muslim no. 6786)

4. Banyak berzikir kepada Allah k merupakan jaminan keamanan dari kemunafikan, karena orang-orang munafik sedikit sekali zikirnya kepada Allah k sebagaimana firman-Nya tentang munafikin:
“Mereka tak mengingat Allah kecuali sedikit.” (An-Nisa: 142)

5. Zikir merupakan tanaman surga.
Abdullah bin Mas’ud z berkata: Rasulullah n bersabda:
“Pada malam aku diisra’kan, aku berjumpa dgn Nabi Ibrahim Al-Khalil q. Ia berkata, ‘Wahai Muhammad, sampaikan salamku kepada umatmu & beritahu mereka bahwa surga itu bagus tanahnya, segar airnya (tidak asin), & di surga tersedia tanah yang kosong tanpa pepohonan, & yang akan ditanam utk menutupi tanah kosong tersebut adalah ucapan:
سُبْحَانَ اللهِ، وَالْحَمْدُ لِلهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ للهُ، وَاللهُ أَكْبَرُ
(HR. At-Tirmidzi no. 3462, dihasankan Al-Imam Al-Albani t dlm Ash-Shahihah no. 105)

6. Orang yang berzikir kepada Allah  l akan mendapatkan shalawat Allah k & para malaikat-Nya. Tentunya dgn itu ia mendapat keberuntungan yang besar. Allah l berfirman:
“Wahai orang-orang yang beriman, berzikirlah kepada Allah dgn sebanyak-banyaknya & bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi & petang. Dialah yang memberikan shalawat atas kalian & juga para malaikat, yang dgn sebab itu Dia mengeluarkan kalian dari kegelapan kepada cahaya yang terang-benderang. Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.” (Al-Ahzab: 41-43)
Adapun shalawat Allah k atas hamba-Nya maknanya adalah pujian Allah l kepada si hamba di hadapan para malaikat. Ada juga yang memaknakannya dgn rahmat Allah l utk si hamba. Sementara shalawat malaikat bermakna permintaan doa & ampunan utk si hamba, sebagaimana penjelasan Al-Hafizh Ibnu Katsir t dlm tafsirnya. (Tafsir Al-Qur’anil ‘Azhim, 6/265-266)
Demikian keutamaan zikir yang dapat kami sebutkan & masih banyak keutamaan yang lain…
Wallahu ta’ala a’lam bish-shawab.
Sumber: www.asysyariah.com Majalah AsySyariah Edisi 047

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Twitter Update

Translate

EnglishFrenchGermanSpainItalianDutch

RussianPortugueseJapaneseKoreanArabic Chinese Simplified

Cari Blog Ini